Pages

Sunday, August 18, 2013

Konjugasi Kata Kerja

Konjugasi Kata Kerja dalam bahasa Jepang (Pelajaran 18) merupakan perubahan bentuk sebuah kata kerja. Mungkin Mina-san sudah mengetahui atau pernah mendengar sebelumnya bahwa kata kerja dalam bahasa Jepang mengalami beberapa perubahan bentuk mulai dari kata kerja bentuk dasar atau biasa disebut bentuk kamus, kata kerja bentuk biasa, kata kerja bentuk sopan, dan lain-lain. Bentuk yang akan kita bahas hari ini yaitu kata kerja bentuk progresif. Baiklah, kita segera bahas!

Kata kerja yang sering Mina-san lihat pada pelajaran-pelajaran sebelumnya ialah bentuk sopan yang ditandai dengan pemakaian -ます di akhir katanya. Kata kerja itu sendiri dibagi menjadi tiga golongan yaitu golongan I, II, dan III. Nah, perubahan bentuk kata kerja tersebut disesuaikan dengan golongannya. Agar memudahkan, penulis akan berikan sedikit contoh dan ciri-ciri dari masing-masing golongan kata kerja.

Golongan I: terdiri dari kata kerja yang memiliki huruf , , , , , , , , dan sebelum huruf -ます. Contoh: 買います (かいます), 遊びます (あそびます), 泳ぎます (およぎます), dsb.

Golongan II: terdiri dari kata kerja berakhiran dan sebelum huruf -ます. Contoh: 食べます (たべます), 見ます (みます), dsb.

Golongan III: terdiri dari kata kerja 来ます (きます) dan します.

Catatan: untuk membedakan golongan dari setiap kata kerja, Mina-san harus mengetahui bentuk dasarnya. Materi mengenai kata kerja bentuk dasar ini akan kita bahas kelak.
Sekarang kita masuk ke pokok bahasan kita!

Golongan I:
Untuk setiap kata kerja golongan I yang memiliki akhiran , , dan , maka perubahannya dengan mengganti huruf tersebut menjadi ~って います. Contoh: 買って います (かって います), 立って います (たっています), 乗って います (のって います)
Untuk akhiran menjadi ~いて います dan menjadi ~いで います. Contoh: 書いて います (かいて います), 泳いで います (およいで います)
Akhiran , , dan menjadi ~んで います. Contoh: 読んで います (よんでいます), 死んで います (しんで います), 遊んで います (あそんで います)

Golongan II:
Untuk golongan II ini lebih sederhana, tinggal tambahkan ~ います setelah huruf dan pada kata kerja tersebut. Contoh: 食べて います (たべて います), 見て います (みて います)

Golongan III:
Untuk mengubah kata kerja golongan III menjadi bentuk progresif caranya sama seperti golongan II yaitu dengan menambahkan ~ います. Contoh: 来て います (きて います), して います

Secara umum, penggunaan bentuk progresif di dalam kalimat memiliki arti “sedang…”. Perhatikan contoh!

妹は 学校で 勉強して います
Imouto wa gakkou de benkyoushite imasu
Adik(ku) sedang belajar di sekolah
(imouto = adik[ku]; gakkou = sekolah; benkyoushite imasu = bentuk progresif dari benkyoushimasu yang artinya belajar)

先生は 黒板で 漢字を書いて います
Sensei wa kokuban de kanji wo kaite imasu
Guru sedang menulis kanji di papan tulis
(sensei = guru; kokuban = papan tulis; kanji = kanji; kaite imasu = bentuk progresif dari kakimasu yang artinya menulis)

Benkyou wa ganbarimashou, Mina-san!

Mata ashite ne!

0 comments:

Post a Comment