Pages

Monday, July 29, 2013

Latihan Gabungan Evakuasi Tsunami

Latihan Gabungan Evakuasi Tsunami diadakan pada hari minggu, 28 Juli 2013 kemarin, empat provinsi di wilayah Jepang barat mengadakan latihan tersebut bagi kemungkinan terjadinya tsunami akibat gempa bumi di sekitar Palung Nankai, hal tersebut telah diyakini oleh para ahli seismologi. Provinsi tersebut ialah Wakayama, Mie, Tokushima, dan Kochi.

Latihan tersebut rutin diadakan setiap tahunnya selama delapan tahun terakhir dan diikuti oleh sekitar 12.000 peserta. Ada sekitar 1.100 orang yang telah disiapkan khusus untuk bersiap menghadapi tsunami hingga 12 meter, mereka berasal dari kota Tanabe.

Latihan ini juga merupakan latihan pertama dimana komunikasi melalui radio mulai digunakan antara kapal-kapal nelayan dengan Kepala Kantor Badan Keselamatan Laut setempat.

Kegiatan ini berlangsung pada pagi hari waktu setempat. Diawali dengan peringatan dari pemerintah kota yang mengumumkan bahwa gempa berkekuatan 9,1 skala Richter telah terjadi sekitar pukul 9 pagi, warga yang tinggal di kawasan pantai berjala kaki ke sebuah sekolah dasar yang terletak di bukit setinggi 34 meter.


Source: NHK World

0 comments:

Post a Comment