Pages

Thursday, July 18, 2013

Puncak Festival Gion

Festival Gion atau Gion Matsuri ialah salah satu festival yang paling terkenal di Jepang. Festival ini biasanya berlokasi di Kyoto dan berlangsung pada bulan Juli selama satu bulan penuh. Acara yang ada di festival ini bermacam-macam, salah satunya yang paling dinikmati oleh warga-warganya ialah parade kendaraan-kendaraan hias di jalanan.

Kendaraan-kendaraan hias berukuran besar berpawai melewati jalan-jalan di ibukota kuno Jepang, Kyoto, menandai puncak Festival Gion pada tanggal 17 Juli 2013.

Iring-iringan 33 kendaraan hias yang disebut Yamahoko Junko dimulai dari pagi hari dengan diawali oleh seorang anak yang mengenakan pakaian tradisional, memotong sebuah tali yang disucikan dengan menggunakan pedang sebagai tanda dimulainya pawai.

Para pengunjung yang ingin menyaksikan pawai tersebut berbondong-bondong berkumpul memenuhi trotoar-trotoar di pinggir jalan untuk melihat pawai kendaraan hias berwarna-warni itu, meskipun panas menyengat.

Mereka bersorak ketika kendaraan-kendaraan hias melakukan putaran 90 derajat di sebuah perempatan jalan. Putaran yang disebut tsujimawashi itu masing-masing dilakukan oleh sebuah tim yang terdiri dari sekitar 50 orang.


Source: NHK World

0 comments:

Post a Comment