Pages

Wednesday, July 24, 2013

Kanji Angka

Kanji Angka merupakan sepuluh kanji dasar yang sering digunakan dalam bahasa Jepang. Sudah tahukah Mina-san tentang huruf kanji?

Kanji adalah huruf Jepang yang diambil dari Negara Cina dan diadaptasi sedemikian rupa sehingga terdapat perbedaan antara cara baca kanji Jepang dan Cina. Kita akan mulai dengan kanji yang sederhana dulu, yaitu kanji angka mulai dari angka 1 sampai 10, tetapi sebelum kita mulai penulis akan jelaskan terlebih dahulu mengenai cara baca kanji. Simak baik-baik!

Kanji dalam bahasa Jepang memiliki dua cara baca, yaitu cara baca kunyomi dan onyomi. Cara baca kunyomi digunakan bila kanji tersebut berdiri sendiri tanpa diikuti oleh kanji yang lain, selain itu juga bila kanji tersebut ialah kanji untuk nama orang, maka biasanya dibaca menggunakan cara baca kunyomi, dan juga kanji yang ber-furigana atau kanji yang diikuti oleh huruf hiragana. Agar lebih jelas, perhatikan contoh berikut!

Kanji berdiri sendiri: dibaca やま
Kanji ber-furigana: 行きます dibaca いきます (きます ialah furigana dari kanji いきます)
Kanji nama orang: 山田-さん dibaca やまだーさん

Sementara itu, cara baca onyomi digunakan pada saat kanji tersebut bertemu dengan kanji lain (gabungan dari dua kanji atau lebih). Perhatikan contoh!

Gabungan kanji: 四月 dibaca しがつ; 日本 dibaca にほん

Tetapi, perlu diperhatikan bahwa ada beberapa pengecualian dalam membaca kanji, dan cara baca tersebut perlu diingat agar tidak membuat kalian bingung kelak.

Contohnya: 七夕 dibaca たなばた (nama festival)

Dari contoh di atas jelas bahwa kanji tersebut disusun oleh dua buah kanji, yang pertama kanji angka tujuh () dan yang satunya lagi kanji petang (). Padahal jika kita perhatikan di dalam kolom, untuk kanji angka tujuh saja tidak dibaca たなbaik secara kunyomi maupun onyomi. Selain contoh di atas, masih banyak contoh-contoh lain yang akan kalian temukan saat mempelajari lebih dalam lagi mengenai kanji. Maka dari itu, memang harus banyak berlatih dan menghafal bentuk-bentuk kanji.

Satu hal lagi mina-san, selain cara baca yang unik, kanji juga memiliki cara penulisan yang tidak kalah unik. Sama seperti ketika kita menulis huruf hiragana dan katakana, kita harus mulai menulis berdasarkan urutan penulisannya, dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan. Karena jika kita salah dalam urutan penulisan, maka kanji yang kita tulispun akan dianggap salah. Berikut kanji yang akan kita pelajari hari ini!


Kanji angka 1 sampai 10

漢字
Kanji
意味
Arti
くんよみ
Kunyomi
おんよみ
Onyomi
例文
Contoh Kalimat

1 coretan
Satu
ひとーつ
イチ
イッー
一つ = ひとつ
(1 buah)
一日 = いちにち/ついたち
(1 hari/tanggal 1)

2 coretan
Dua
ふたーつ
二人 = ふたり
(2 orang)
二日 = ふつか
(tanggal 2/2 hari)
二回 = にかい
(2 kali)

3 coretan
Tiga
みっーつ
サン
三日 = みっか
(tanggal 3/3 hari)
三月 = さんがつ
(bulan 3 atau maret)

5 coretan
Empat
よっーつ
四日 = よっ
(tanggal 4/4 hari)
四月 = しがつ
(bulan 4/april)
四時 = よじ
(jam 4)

4 coretan
Lima
いつーつ
五日 = いつ
(tanggal 5/5 hari)
五人 = ごにん
(5 orang)

4 coretan
Enam
むっーつ
ロク
ロッー
六つ = むっつ
(6 buah)
六日 = むいか
(tanggal 6/6 hari)
六分 = ろっぷん
(6 menit)

2 coretan
Tujuh
ななーつ
シチ
七日 = なのか
(tanggal 7/7 hari)
七月 = しちがつ
(bulan 7/juli)
七つ = ななつ
(7 buah)

2 coretan
Delapan
やっーつ
ハチ
ハッー
八日 = ようか
(tanggal 8/8 hari)
八つ = やっつ
(8 buah)
八百 = はっぴゃく
(800)

2 coretan
Sembilan
ここのーつ
キュウ
九日 = ここのか
(tanggal 9/9 hari)
九時 = くじ
(jam 9)
九十 = きゅうじゅう
(90)

2 coretan
Sepuluh
とお
ジュウ
ジュッー
ジッー
十分 = じゅっぷん
(10 menit)
十日 = とおか
(tanggal 10/10 hari)

Selamat belajar!

0 comments:

Post a Comment